ANALISIS KINERJA PENDAPATAN DAN KEPUASAN PT. BERKAT GADAI SUMATERA BERDASARKAN METODE BALANCED SCORECARD

Authors

  • Virginia Aritonang Universitas Methodist Indonesia
  • Duma Megaria Elisabeth Universitas Methodist Indonesia
  • Duma Rahel Situmorang Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/jsika.Vol7No1.pp51-56

Keywords:

Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan melalui perspektif keuangan dan pelanggan pada PT. Berkat Gadai Sumatera dengan metode balanced scorecard. Sampel untuk penilaian perspektif pelanggan adalah 71 responden yaitu pelanggan PT. Berkat Gadai Sumatera dan sampel untuk perspektif keuangan dilihat dari laporan keuangan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur kepuasan pelanggan melalui 13 pertanyaan sebagai indikator kepuasan pelanggan , melakukan wawancara kepada bagian keuangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian Perspektif keuangan pada perusahaan, yang dinilai dari pertumbuhan pendapatan nya dapat dilihat bahwa perusahaan mengalami peningkatan dan juga penurunan pertumbuhan pendapatan. Hasil penelitian dari penyebaran kuisioner pada Perspektif Pelanggan dari 71 pelanggan yang mengisi kuisioner mayoritas pelanggan merasa puas terhadap pelayanan perusahaan.

Published

2023-10-31

Issue

Section

METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist