ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD
Studi Pada PT Asuransi Sinar Mas Medan
DOI:
https://doi.org/10.46880/siakun.V1N2.H20-32Keywords:
Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan PertumbuhanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif tentang pengukuran kinerja perusahaan pada PT Asuransi Sinar Mas Cabang Medan dengan menggunakan metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard. Variabel yang digunakan adalah perspektif keuangan (ROA, ROE, Biaya Operasi, CR, DAR, DER), Perspektif customers/pemegang polis (atribut jasa perusahaan, citra perusahaan dan hubungan dengan nasabah/ pemegang polis), perspektif proses bisnis internal (inovasi dan proses operasi), perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (kepuasan kerja dan kemampuan karyawan). Sumber dan metode pengumpulan data adalah primer (kuisioner) dan sekunder (dokumen laporan keuangan). Periode penelitian tahun 2019 – 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan, dan pemegang polis pada PT Asuransi Sinar Mas Cabang Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja PT Asuransi Sinar Mas Cabang Medan dengan menerapkan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) ditarik kesimpulan sudah baik. Perspektif keuangan menunjukkan peningkatan yang baik dalam meningkatkan laba. Perspektif customers (pemegang polis) kepada perusahaan sangat baik dan tinggi. Perspektif proses bisnis internal dengan ratio MCE menunjukkan telah menunjukkan efisien dan efektif. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan telah terjadi pengelolaan yang baik terhadap karyawannya yang dibuktikan adanya kepuasan karyawan dan peningkatan kemampuan karyawan. Secara keseluruhan kinerja PT Asuransi Sinar Mas Cabang Medan telah baik dalam semua perspektif yang diukur.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Methodist Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.