PENGARUH PROFITABILITAS, TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.46880/siakun.V1N1.H130-139Keywords:
Profitabilitas, Tanggung Jawab Sosial, Struktur Modal, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, tanggung jawab sosial perusahaan dan struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dapat di akses melalui website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Populasi dari penelitian ini terdiri dari 64 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019- 2020 dan metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Dengan metode tersebut didapatkan sampel sebanyak 36 perusahaan dengan metode pengamatan 2 tahun. Sehingga jumlah amatan untuk penelitian ini adalah 72 observasi. Untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, tanggung jawab sosial dan struktur modal terhadap nilai perusahaan digunakan analisis linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan struktur modal secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Methodist Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.